Ilustrasi uang

Kenali Koperasi Simpan Pinjam Dan Fungsinya

Masyarakat sudah tidak asing lagi dengan keberadaan koperasi simpan pinjam yang berada di lingkungan mereka. Koperasi simpan pinjam atau biasa yang disebut dengan ksp ini merupakan salah satu lembaga keuangan yang berdiri di tengah masyarakat Indonesia. Ada beberapa kegunaan yang dapat dimanfaatkan bagi masyarakat dengan adanya koperasi ini. maka dari itu, alangkah baiknya untuk mengenal KSP terlebih dahulu.

Memahami Pengertian Koperasi Simpan Pinjam

Ada banyak sekali lembaga keuangan yang berkembang di masyarakat. Salah satu yang sangat familiar adalah KSP atau koperasi simpan pinjam. Badan usaha ini mempunyai beberapa anggota perorangan yang sifatnya suka rela. Biasanya ksp ini juga dikelola secara mandiri dan juga demokratis. Sisi lain yang sangat jarang diketahui oleh masyarakat lain yaitu adanya kekuasaan tertinggi pada rapat anggota yang diadakan secara tahunan. Ada beberapa sisa hasil usaha atau SHU yang nanti akan dibagikan secara merata dan adil kepada seluruh anggota koperasi yang sudah berkontribusi terhadap koperasi simpan pinjam tersebut.

Ksp juga memiliki modal yang ada di dalamnya. Seperti halnya simpanan pokok yang merupakan salah satu simpanan pinjaman dan pertama kali dibayar oleh para anggota ksp saat menjadi anggota saat sudah menjadi anggota dari koperasi tersebut dan hanya dibayarkan satu kali saat awal masuk menjadi bagian dari ksp. Selain itu ada juga simpanan suka rela yang dikenal tidak ada batasan waktu serta jumlah.

Untuk dana cadangan yang masuk ke dalam modal dan sisa hasil usaha tidak akan dibagikan kepada anggota, tetapi digunakan untuk membiayai koperasi simpan pinjam tersebut. Untuk modal pinjaman sendiri merupakan suatu dana yang dipinjam oleh pengurus koperasi dan digunakan untuk memperkuat modal, biasanya dana pinjaman ini meminjam dari orang lain. Sedangkan yang terakhir adalah hibah yang diberikan secara suka rela oleh pihak luar kepada ksp, yang mempunya fungsi untuk modal menjalankan ksp tersebut.

Fungsi Koperasi simpan pinjam

Ksp sendiri dapat berjalan karena berfungsi untuk para anggota dan dibuat untuk memberikan pinjaman kepada para anggota serta pihak luar yang mempunyai mekanisme dan aturan yang sudah ditentukan oleh pihak ksp tersebut. Adapun beberapa fungsi yang dapat dirasakan bagi anggota dan pihak luar koperasi, yaitu:

  1. Ksp dibuat mempunyai fungsi yaitu mengumpulkan dana ke dalam bentuk simpanan atau tabungan dari para anggota ksp tersebut.
  2. Dengan adanya ksp juga dapat memberikan dan menyalurkan bantuan pinjaman kepada anggota atau calon anggota yang mempunyai kebutuhan finansial secara mendesak.
  3. Ksp juga dapat memberikan tambahan modal usaha 
  4. Ksp dapat melayani pembelian serta penjualan barang yang dapat dilakukan secara tunai atau kredit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *