Ilustrasi orang ingin berbelanja di e-commerce

7 Keuntungan Menggunakan Sistem ERP untuk Ecommerce

Sistem ERP ecommerce telah banyak digunakan baik oleh perusahaan besar maupun pelaku bisnis UMKM agar aktivitas jual beli bisa berjalan lancar. Sistem ERP ini dinilai sangat dibutuhkan karena memiliki segudang manfaat yang dapat dirasakan oleh perusahaan maupun pelanggan. Apa saja itu? berikut penjelasannya.

Mempunyai Data yang Akurat

Kegunaan software ERP sangat memudahkan perusahaan untuk mengelola data baik secara tunggal maupun real time. Seperti diketahui, seluruh data tersebut tentu mengalami perubahan yang nantinya sangat berpengaruh terhadap pencatatan yang berkaitan dengan bagian terkait tersebut. Dengan menggunakan sistem ERP ecommerce ini tentu data yang dimiliki dinilai lebih akurat dan terintegrasi secara menyeluruh. 

Mengambil Keputusan Secara Tepat

Data akurat yang dimiliki dari sistem ERP dapat membantu perusahaan maupun pelaku bisnis mudah untuk mengambil sebuah keputusan. Sistem ERP ecommerce ini juga dapat membuat proses planning dapat berjalan lebih baik dengan adanya fitur simulasi bagi pengguna pemula. 

Meningkatkan Aktivitas agar Lebih Produktif

Sistem ERP juga dinilai memiliki manfaat yang bisa membuat aktivitas penjualan menjadi lebih efisien dan produktif. Banyak perusahaan merasakan lebih hemat dari segi biaya sehingga bisa meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu, seperti menekan biaya pada proses bisnis hingga mencegah terjadinya duplikasi data. Sistem ini secara tidak langsung dapat meningkatkan kinerja karyawan agar semakin produktif dalam bekerja

Meningkatkan Pelayanan

Pelanggan adalah subjek penting demi kelangsungan aktivitas bisnis dalam sebuah perusahaan. Secara tidak sadar, sebenarnya banyak pelanggan memanfaatkan dari sistem ERP ini. Dimana data yang ada akan disederhanakan, sehingga data yang tersedia dapat digunakan oleh perusahaan untuk melakukan pendekatan kepada pelanggan.

Data Tersimpan Aman

Untuk mengantisipasi data perusahaan yang bocor, tentu perlu dilakukan upaya agar data dapat terlindungi secara aman. Dengan menggunakan sistem ERP, keamanan data dapat dijamin tersimpan dengan aman dan dapat diakses oleh orang-orang tertentu saja. Terutama penyimpanan data tersebut berbasis Cloud, dimana akan mudah sekali melacak siapa yang mengakses tanpa izin.

Dapat Menyusun Rancangan dan Laporan Keuangan dengan Baik

Sistem ERP ecommerce memiliki alat analisis untuk menelusuri data secara historis maupun real time. Ini sangat memudahkan perusahaan untuk menyusun perencanaan maupun laporan dalam waktu bulanan, triwulan, maupun tahunan. Dari data tersebut, perusahaan akan secara mudah dapat mengambil keputusan dengan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Mempermudah Setiap Pekerjaan

Yang paling terakhir, ERP memiliki manfaat yaitu mempermudah pekerjaan seperti perhitungan buku besar, CRM, Sumber Daya Manusia, hingga riwayat penjualan maupun pembelian. Menggunakan ERP sangat memudahkan pekerjaan setiap bidang karena data yang tersimpan secara otomatis. Terlepas dari jenis dan biayanya yang cukup tinggi, kegunaan dari sistem ERP ini dinilai sangat berguna terutama jika digunakan pada perusahaan berskala besar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *