genset besar

Ketahui Komponen Penting Genset Besar, Agar Bisa Digunakan Dengan Benar

Karena genset besar menjadi mesin yang paling dibutuhkan, sehingga sangat penting bagi Anda untuk memahami komponen apa saja yang ada di genset. Memahami komponen akan memberikan kemudahan untuk Anda pada saat menggunakannya nanti. 

Dengan memahami komponen dari genset dan fungsinya, maka Anda bisa menggunakan genset dengan benar serta bisa melakukan tindakan yang tepat ketika terjadi masalah. 

Mesin / Engine

Komponen pertama yang ada pada genset dan menjadi bagian yang sangat penting adalah mesin. Ini adalah komponen yang merupakan sumber energi mekanis yang dimiliki oleh genset. Dan tentu saja untuk bisa menghidupkan energi kinetik membutuhkan bahan bakar. Dan mesin di sini memiliki peran sebagai generator energi, Dan biasanya bensin yang digunakan untuk mesin akan memiliki kapasitas kecil. Sedangkan kapasitas yang besar dari genset besar menggunakan solar atau gas. 

Alternator

Alternator sendiri menjadi sangat penting karena merupakan komponen yang mengkonversi energi yang dihasilkan oleh mesin menjadi listrik. Biasanya alternator ini memiliki jenis rotor yang juga tak kalah penting karena bekerja secara langsung di generator. Dengan keberadaan komponen ini maka medan magnet genset bisa bergerak sehingga bisa menghasilkan energi listrik. 

Tangki Bahan

Satu hal yang tak kalah penting adalah komponen dari genset yakni tangki bahan. Tangki bahan sendiri memiliki fungsi sebagai penampung bahan bakar. Selain itu, fungsi lain dari tangki bahan adalah durasi yang dihasilkan oleh mesin agar bisa menghasilkan energi listrik. Tentu saja semakin besar kapasitas penampungan pada mesin maka akan semakin lama jam kerjanya. Namun jika Anda sudah membeli genset besar dengan tangki yang besar maka akan memiliki jam kerja yang lebih lama. 

Voltage Regulator

Pada genset besar, voltage regulator memiliki fungsi untuk bisa mengatur besaran tegangan yang dihasilkan oleh generator itu sendiri. Pengatur tegangan ini memiliki peranan yang sangat penting karena keberadaannya yang membuat tegangan listrik yang dihasilkan menjadi lebih stabil. Belum lagi keberadaan komponen satu ini akan membuat penerima energi listrik menjadi lebih awet dan tidak akan mengalami kerusakan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *