sekolah internasional balikpapan

Lebih Baik Mana Sekolah Nasional Atau Internasional?

Keberadaan sekolah internasional Balikpapan yang ada di Indonesia dan sekolah internasional yang lainnya memang semakin banyak. Sekolah Internasional ini akan memberikan kita pendidikan yang berkualitas dan juga lebih bermutu, semakin membuat sekolah internasional banyak peminatnya. 

Jika kamu bertanya-tanya lalu apa bedanya sekolah internasional Balikpapan dengan sekolah nasional, berikut ini kita akan berikan beberapa perbedaan yang paling mendasar dari sistem sekolah tersebut. 

Perbedaan Sekolah Nasional Dan Internasional

Kurikulum

Jika sekolah internasiona lakan menggunakan Kurikulum internasional supaya dapat menggunakan Kurikulum tersebut maka sekolah terlebih dahulu harus memiliki sertifikasi dari berbagai lembaga yang memang bersangkutan. Pengajaran dan juga fasilitas sekolah internasional Balikpapan harus menyesuaikan dengan standar yang sudah ditetapkan. 

Sekolah nasional baik itu swasta maupun negeri akan tetap menggunakan kurikulum nasional yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan. Pada kurikulum internasiona lakan bertumpu pada aspek sikap, keterampilan dan juga pengetahuan. 

Bahasa 

Untuk sekolah internasional pastinya akan memakai bahasa pengantar yaitu bahasa Inggris tetapi masih ada yang akan memakai bahasa Jerman dan juga Mandarin. Guru untuk sekolah internasional biasanya akan memakai native speaker yaitu guru penutur asli. Hal itu akan membuat anak didik lebih fasih berbahasa Inggris dengan baik dan juga benar. 

Sekolah nasional pastinya akan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantarnya. Biasanya di tingkatan daerah juga masih akan memakai bahasa daerahs ebagai muatan lokal. 

Sistem pembelajaran yang diberikan

Mata pelajaran yang akan diajarkan pada sekolah internasional Balikpapan juga akan lebih sedikit. Pada sekolah nternasional akan lebih fokus ke fisika, matematika, bahasa Mandarin, bahasa Inggris, kimia dan beberapa mata pelajaran pilihan sehingga nantinya pembahasan materinya akan lebih mendalam lagi. 

Akan berbeda sekolah nasional yang lebih banyak mempunyai mata pelajaran yang akan diajarkan selain untuk bahasanya dan juga ilmu yang pasti, pendidikan seni, ilmu sosial, keterampilan dan juga olahraga. Tugas yang diberikan pada siswanya menjadi lebih banyak, selain ulangan harian yang akan diberikan pada setiap harinya. 

Segi Fasilitasnya

Dari segi fasilitas maupun kantin sekolah internasional akan mempunyai standar untuk masing-masing. Fasilitas tersebut akan sebanding dengan uang sekolah internasional school yang begitu mahal. 

Pada sekolah internasional akan memiliki ruangan kelas AC, perpustakaan lengkap, saran olahraga dan pembelajaran multimedia. Jika untuk sekolah nasional milik pemerintah, fasilitas standar akan disediakan oleh pemerintah lewat anggaran untuk dana pendidikan. 

Ketersediaan berbagai fasilitas pendukungnya misalnya lapangan olahraga, kantin, perpustakaan, peralatan kesenian, menjadi standar yang wajib terpenuhi. Hal itu akan sama dengan sekolah swasta yang menjadi pembeda adalah dana yang dipakai berasal dari dana operasional yang berasal dari iuran pendidikan siswanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *