Ilustrasi Jasa Cetak Banner

Solusi Cetak Banner yang Gambarnya Menyusut

Apakah Anda pernah mengalami kondisi sedang melakukan jasa cetak banner, tetapi gambarnya menyusut?  Apabila kondisi tersebut pernah Anda alami, tidak ada salahnya untuk membaca informasi berikut ini karena akan menyediakan informasi terkait dengan solusi mengatasi gambar banner yang menyusut. 

Penyebab Gambar Banner yang Sudah Dicetak Bisa Menyusut

Apakah Anda pernah mengalami kondisi di mana cetakan sudah sesuai dengan RIP software, tetapi ketika sedang dicetak gambarnya menyusut. Umumnya terjadinya error ataupun kesalahan ketika sedang proses percetakan dapat terjadi oleh banyaknya faktor, misalnya saja pada saat proses mencetaknya. Seperti yang Anda ketahui bahwa banner mempunyai ukuran yang bervariasi dan umumnya menyesuaikan kebutuhan customer

Agar bisa menyesuaikan proses mencetak, maka dibutuhkan ketelitian serta dilakukannya pengecekan secara menyeluruh supaya semua yang sudah Anda design dapat dengan sempurna dicetak. Hal itu dikarenakan faktor kali pertama yang memengaruhi hasil cetakan tidak sesuai dengan design Anda adalah karena kesalahan dari ukuran yang dipilih.

Alasan lainnya mengapa terjadi penyusutan adalah bahan yang digunakan, seperti backlit dari kain yang nantinya akan melalui proses printing memuai ataupun melar. Apabila sudah begitu, maka jasa cetak banner yang telah dibuat bisa tidak sesuai karena tinta yang disemprotkan tidak bisa tetap. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyesuaikan dan memperhatikan setting dengan bahan yang Anda gunakan.

Penyebab selanjutnya adalah penahan media atau pinch roller yang terdapat pada printer sudah tua atau lanjut usia. Hal ini dapat menyebabkan bahan cetakan lari dan ukurannya tidak sesuai. Pinch roller yang telah tua dapat berubah bentuk menjadi lonjong atau lancip sehingga sudah tidak kuat dan fungsinya sudah berkurang untuk menahan media yang nantinya akan di printer.

Solusi Cetak Banner yang Gambarnya Menyusut

Terdapat beberapa solusi yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya cetakan banner yang mengalami penyusutan. Solusi tersebut dapat Anda lihat di bawah ini:

  1. Melakukan Kalibrasi. Hal ini dilakukan agar dapat memastikan software RIP sudah sesuai dengan printer sehingga nantinya hasil cetaknya akan sesuai dengan design yang Anda buat. Kalibrasi ini sebaiknya dilakukan apabila ingin mencetak bahan yang berbeda dari cetakan yang telah dibuat sebelumnya.
  2. Memperhatikan Pengaturan Feather di Komputer. Hal itu dapat memengaruhi presentasi dari ukuran panjang suatu desain yang Anda buat. Masalah itu dapat diatasi dengan melakukan setting atau pengaturan pada software ripping yang Anda gunakan untuk melakukan pengeditan design, misalnya saja photoprint.

Bagaimana informasi tersebut? Semoga saja informasi yang tadi sudah disampaikan bisa berguna bagi Anda sehingga tidak terjadi kesalahan gambar menyusut ketika sedang jasa cetak banner. Perhatikanlah informasi-informasi kecil tersebut supaya Anda tidak merugi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *