kesuburan pria

Inilah Tanda yang Perlu Diwaspadai, Segera Cek Kesuburan Pria untuk Mengatasinya

Saat terjadi sesuatu yang tidak normal pada tubuh, biasanya ditandai dengan beberapa perubahan. Perubahan yang terjadi pada tubuh ini sangat perlu untuk diwaspadai agar kondisi kesehatan yang sebenarnya bisa segera diketahui. Hal ini termasuk pada kondisi kesuburan pria sehingga perlu dilakukan pemeriksaan.

Cara mengetahui kesuburan pria

Untuk mengetahui seorang pria mengalami gangguan kesuburan atau tidak bisa dilihat dari beberapa ciri atau tanda yang terjadi pada organ reproduksi pria dan dapat dilihat secara langsung.

Ciri-ciri atau tanda adanya gangguan kesuburan pada pria bisa dilihat dari sel sperma yang mengalami kesulitan saat membuahi sel telur pada rahim  wanita. Selain itu, ada juga beberapa ciri-ciri lainnya yang perlu Anda waspadai, yaitu.

  1. Area testis yang bengkak

Salah satu tanda adanya masalah pada kesuburan pria adalah terjadinya pembengkakan pada area testis. Meskipun pembengkakan testis ini bisa disebabkan oleh masalah kesehatan yang lain, namun tetap saja Anda perlu mewaspadainya, karena kebanyakan kasus yang terjadi merujuk pada gangguan kesuburan pria.

  1. Sulit mempertahankan ereksi

Apakah Anda mengalami kesulitan mempertahankan ereksi? Kondisi seperti ini perlu dicurigai, karena bisa jadi ada Anda mengalami gangguan kesuburan. Sulitnya mempertahankan ereksi ini disebabkan adanya penurunan kadar hormon reproduksi di dalam tubuh pria.

  1. Ukuran testis yang kecil

Testis adalah wadah atau tempat yang digunakan untuk memproduksi sperma dalam tubuh pria, jika testis ini berukuran kecil dan bahkan keras, maka perlu dicurigai ada masalah kesuburan pada pria. Hal ini perlu menjadi perhatian agar segera dilakukan pemeriksaan untuk cek kesuburan pria.

  1. Terjadi perubahan gairah seks

Apa hubungannya gairah seks dengan kesuburan pria? Pada umumnya, pria dengan hormon reproduksi yang sehat akan cenderung lebih subur, sedangkan pria dengan hormon yang kurang baik akan menyebabkan terjadinya penurunan bahkan kehilangan gairah seks. Maka dari itu Anda perlu mewaspadai jika terjadi perubahan pada gairah seks.

Beberapa ciri atau tanda tersebut menunjukan adanya infertilitas atau terjadinya gangguan kesuburan pada pria tanpa Anda sadari. Sehingga perubahan sekecil apapun yang terjadi dalam organ reproduksi pria perlu segera dilakukan tes kesuburan pria.

Penyebab terjadinya infertilitas

Tentunya tanda-tanda yang ditunjukan tersebut bukannya tanpa sebab, terdapat beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Namun penyebab infertilitas ini bukan hanya disebabkan adanya gangguan dari organ reproduksi, tetapi juga disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang membuat produksi sperma menjadi sedikit.

  • Berada di kondisi dengan suhu yang panas
  • Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan kafein
  • Kebiasaan merokok

Cek kesuburan pria memang perlu dilakukan saat Anda mengalami beberapa perubahan pada tubuh, akan tetapi mencegah terjadinya perubahan tersebut dengan menghindari kebiasaan yang menyebabkan gangguan kesuburan juga perlu dilakukan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *