cara perawatan genset

Inilah Bagian dari Cara Perawatan Genset yang Wajib Dicek

Genset merupakan alat yang sangat dibutuhkan Ketika terjadi pemadaman listrik. Cadangan listrik pada genset akan membantu agar aktivitas yang memerlukan listrik tidak terhambat tapi pemadaman listrik selalu datang tanpa terduga. Oleh sebab itu, sebaiknya genset milikmu selalu siap sedia untuk digunakan. Sehingga butuh beberapa cara perawatan genset.

Lalu, bagaimana cara perawatan genset agar tidak mudah rusak dan siap dipakai setiap saat? Baca artikel ini sampai selesai ya. 

Memastikan Kondisi Aki 

Cara paling mudah dari tips perawatan genset untuk memastikan genset tetap nyala yaitu dengan memastikan keadaan aki dalam kondisi terawat. Khususnya pada bagian koneksi terminal aki, jika ternyata longgar maka kamu perlu mengencangkannya. 

Tidak hanya itu, pada bagian “start” juga terdapat terminal yang memiliki baterai. Sebaiknya kamu pun memeriksa bagian itu. 

Mengecek Indikator Mesin 

Jika mesin genset milikmu sering digunakan maka perlu dilakukan pemeriksaan terhadap indicator mesinnya. Cara perawatan genset bagian ini, kamu cukup memastikan tekanan pada oli dan suhu radiator sudah aman. Sekali-sekali cobalah untuk menyalakannya dengan begitu kamu dapat menilai performanya, jika mulai menunjukan penurunan pun bisa cepat terdeteksi. 

Menjaga Sistem Pembuangan Genset

Tips perawatan genset berikutnya yang dapat kamu lakukan yaitu dengan mematikan ada ruang untuk system pembuangannya. Pastikan asap yang dihasilkan tidak berlebihan. Karena jika sudah berlebihan maka bisa saja terjadi masalah pada kualitas dari bahan bakar yang digunakan makanya perlu sering-sering diperiksa agar tidak berbahaya bagi pernafasanmu. 

Menjaga Bagian Sistem Pendinginan Genset

Merawat genset tidak hanya dari memberi service saja namun, bagaimana kamu menjaga system di dalamnya dapat bekerja dengan baik. Salah satunya yaitu system pendinginannya. Agar bagian radiator fin tidak rusak maka, aliran air harus berada di arah yang berbeda dari aliran udara yang berfungsi untuk membersihkan radiator. 

Tips perawatan genset tidak hanya itu, kamu pun seharusnya selalu memastikan level coolant di mesin pada saat sedang tidak digunakan. Jangan sampai cairan tersebut berada di bawah minimum. 

Itulah bagaimana Cara perawatan genset seharusnya dan bagian-bagian penting untuk dicek. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *