Ilsutrasi cetak buku tahunan

Mau Cetak Buku Secara Online, Ini Hal-Hal Yang Harus Anda Persiapkan!

Mencetak buku hari ini adalah kegiatan yang cukup mudah dilakukan, kenapa begitu? Teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat dan membawa inovasi yang memudahkan penulis mencetak bukunya, penulis hanya perlu tahu media yang digunakan oleh jasa cetak buku dan harga cetak buku tahunan, supaya penulis bisa menghubungi percetakan tersebut.
Ini Adalah 4 Hal Yang Perlu Anda Persiapkan Sebelum Cetak Buku Online
Untuk melakukan cetak buku secara online, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dan tentunya anda persiapkan, mari kita simak penjelasannya berikut ini:
1. Mempersiapkan Naskah Secara Matang
Naskah adalah hal penting yang harus dipersiapkan matang-matang, karena naskah adalah isi yang akan disuguhkan kepada pembaca, maka diperlukan penyutingan, entah itu di bagian tata bahasa, penggunaan tanda baca dan huruf kapital, semuanya perlu anda teliti dan lakukan revisi sebelum naskah diserahkan pada percetakan, karena isi buku yang ingin anda cetak menunjukan profesionalitas anda.
2. Membuat Desain Sampul Buku Yang Menarik
Desain sampul atau cover buku ini harus dipersiapkan, jika anda ingin buku tersebut menarik maka desain sampul yang akan dikirimkan kepada penerbit haruslah menarik, sampul buku adalah pandangan pertama pembeli dan pembaca buku, sampul yang bagus dan menarik akan memberi kesan tersendiri bagi para calon pembaca. Jika anda tidak mampu mendesain sampul, anda perlu mencari dan mendiskusikan hal tersebut dengan percetakan yang jasanya anda gunakan biasanya mereka menyediakan pula pembuatan desain sampul.
3. Mendaftar ISBN
ISBN (International Standard Book Number) hal yang dilakukan sebelum cetak buku adalah mendaftar ISBN, untuk mendapatkan nomor ISBN anda perlu mendaftar sendiri namun biasanya pada percetakan atau penerbit telah disediakan juga jasa untuk memperoleh ISBN. ISBN adalah nomor identitas buku, hal ini penting untuk memberi keamanan sekaligus kekuatan hukum terhadap plagiasi atau pelanggaran lain,
4. Menghitung dan Menyiapkan Modal
Yang tidak kalah penting adalah menghitung dan menyiapkan moda, cara menghitung modal yang harus dikeluarkan untuk melakukan pencetakan buku adalah menanyakan harga cetak buku, biasanya di dalam media sosial penerbit atau percetakan telah menuliskan daftar harga serta paket-paket yang disediakan, hitung semua pengeluaran yang akan anda gunakan seperti jumlah buku yang akan anda cetak,jumlah eksemplar yang anda tulis, jenis kertas dari sampul yang akan anda gunakan.
Persiapan Yang Matang Dibutuhkan Dalam Mencetak Suatu Buku
Jalinlah komunikasi yang baik antara anda dengan admin percetakan atau penerbit tersebut, karena hal ini penting untuk kejelasan apa saja hal yang diperlukan, proses-proses yang dilewati sebelum mencetak buku dan tentunya harga cetak buku tahunan yang akan dikeluarkan saat mencetak buku. Jangan takut untuk mencoba hal baru dan meningkatkan kualitas diri, semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *